Profil Alpha Blondy
Alpha Blondy (lahir 1 Januari 1953) merupakan penyanyi reggae Pantai
Gading dan artis rekaman internasional. Alpha Blondy lahir Seydou Kone
di Dimbokro, Pantai Gading. Dia bernyanyi terutama dalam bahasa asli
nya Dioula, dalam bahasa Prancis dan Inggris, dan kadang-kadang dalam
bahasa Arab atau Ibrani. lyrics-Nya menyampaikan sikap politik yang
serius dan rasa humor. Secara khusus, ia menciptakan istilah
democrature Perancis (yang setara bahasa Inggris adalah
“democratatorship”) untuk mengidentifikasi beberapa pemerintah Afrika.
Seydou Kone – lebih dikenal untuk penggemar musik sebagai Alpha
Blondy – lahir di Dimbrokro, Pantai Gading, pada 1 Januari 1953. Young
Seydou dibesarkan oleh neneknya, Cherie Coco, yang mencurahkan
kepedulian dan perhatian pada cucu dihargai nya. Tapi ini tidak selalu
memiliki hasil yang diinginkan. Memang, Seydou diusir dari perguruan
tinggi pada tahun 1972 dan pemberontak remaja dikirim ke tetangga
Liberia untuk menyelesaikan studinya di sebuah sekolah di ibukota,
Monrovia. Langkah ini membuka cakrawala baru bagi Seydou muda. Bahasa
resmi Liberia menjadi bahasa Inggris, itu juga berarti bahwa Seydou
membuat kemajuan besar dalam bahasa ia mulai belajar di sekolah di
Pantai Gading. Setelah menyelesaikan sekolah di Liberia, Seydou
demikian sempurna dilengkapi dengan baik untuk pindah ke New York dan
melanjutkan studi bahasa Inggris di Big Apple.
Selain menyempurnakan bahasa Inggris di New York, Seydou mulai
mengambil suatu kepentingan bergairah dalam dunia musik. Dan satu
konser khusus di New York adalah untuk memiliki pengaruh besar pada
sisa karirnya – pada tahun 1977 Seydou menghadiri kinerja oleh kelompok
Burning Tombak legendaris Jamaika dan menemukan dunia indah reggae.
Terinspirasi oleh irama menjuluki kuat ia mendengar malam itu, Seydou
mulai bernyanyi dengan berbagai kelompok-kelompok lokal. Tetapi ambisi
utamanya adalah untuk merekam album sendiri dan memulai karir solo.
Mimpi ini hampir terwujud saat Seydou bertemu dengan produser
rekaman terkenal Clive Hunt dan pasangan mulai membahas kemungkinan
kerjasama. Sayangnya, Hunt keluar dari proyek di menit terakhir dan
Seydou Kone dibiarkan tinggi dan kering tanpa kontrak rekaman. Ini awal
kekecewaan dikirim spiral muda Seydou menjadi depresi besar dan ia
segera meninggalkan New York, kembali ke Pantai nya asli d’Ivoire dan
menyiapkan rumah di ibukota, Abidjan.
Seydou mengalami gangguan saraf tak lama setelah ia kembali ke
Abidjan dan penyanyi muda menghabiskan dua tahun berikutnya pulih di
sebuah rumah sakit jiwa. Untungnya, musik Seydou membantunya melalui
masa krisis pribadi dan ketika ia menandatangani sendiri keluar dari
rumah sakit dia kembali ke karir bernyanyi.
Album debut
Ketika Seydou meluncurkan kembali karir bernyanyi di 80-an ia
melakukannya dengan nama panggung baru, Alpha Blondy (pun pada “bandit”
– kata diucapkan “bondee” dalam bahasa Perancis!). Seydou / Alpha
mendapat istirahat pertama utamanya tak lama setelah ia kembali ke
dunia musik ketika ia ‘ditemukan’ oleh produser televisi terkenal
Fulgence Kassy. Terkesan dengan bakat jelas penyanyi muda, Kassy Blondy
diundang untuk tampil di acara TV-nya “kebetulan Première” – dan
sisanya adalah sejarah musik!
Setelah penampilannya di TV nasional, Blondy segera melanjutkan untuk
mencapai impiannya untuk rekaman album solo. Dan ketika dirilis pada
tahun 1983 Blondy’s debut album, terbukti “Jah Glory”, untuk menjadi
sukses sejati. Salah satu trek yang paling menonjol di album ini tidak
diragukan lagi “Brigadir Sabari”. (Sung dalam bahasa ibu Blondy’s,
Dioula, lagu ini terinspirasi oleh serangan polisi penyanyi menyaksikan
kekerasan di Pantai Gading).
Blondy segera menjadi bintang besar di kancah musik Abidjan,
membuktikan bahwa reggae – yang telah sekian lama dianggap sebagai
suara biasanya Jamaika – bisa berhasil ditafsirkan kembali dalam gaya
Pantai Gading. catchy beats Blondy’s reggae menjadi semua kemarahan di
Abidjan, dan penggemar musik remaja di distrik pusat kota terjadi
ibukota segera mengadopsi Blondy sebagai versi nasional mereka sendiri
Bob Marley. Dengan sikap suka memberontak, kepribadian bersemangat dan
pasokan rupanya tak ada habisnya energi saraf, Alpha Blondy tentu
membuat dampak yang besar di kancah musik Afrika Barat. Menyanyi dalam
bahasa Perancis dan Inggris serta Baoulé dan nya Dioula asli, Blondy
segera melanjutkan untuk menyebabkan utama aduk di kancah musik Eropa
juga.
Memang, empat lagu Blondy’s EP “Rasta poué” mencetak hit besar di
Eropa, mendorong penyanyi untuk meninggalkan tanah airnya untuk kedua
kalinya dan mencoba keberuntungannya di luar negeri lagi. Blondy
pindah ke Paris pada tahun 1984, di mana ia segera melanjutkan dengan
menandatangani kontrak rekaman dengan Pathé-Marconi (EMI). Bintang
Pantai Gading kemudian rekaman album kedua, “Cocody Rock”, di Paris,
melompat menyeberangi Channel studio di London untuk mengawasi
pencampuran akhir album. Terlebih lagi, status Blondy’s sebagai Bob
Marley Pantai Gading menerima semacam konfirmasi resmi, ketika penyanyi
terbang ke Kingston untuk mencatat judul lagu dari album barunya
dengan kelompok dukungan mantan Marley The Wailers.
Setelah peluncuran “Cocody Rock”, Blondy memulai pada jadwal tur
sibuk, melakukan secara luas di seluruh Afrika Barat. energi tinggi
penyanyi ini menunjukkan terbukti sukses besar, ratusan penggemar
reggae remaja kemasan luar stadion di seluruh wilayah untuk alur untuk
memimpin manusia Pantai Gading-reggae.
Ketika Blondy kembali ke Pantai Gading setelah ini tur melelahkan,
ia langsung kembali ke studio untuk mulai bekerja pada sebuah album
baru berjudul “Apartheid adalah Nazisme”. Blondy’s album ketiga, yang
dirilis pada tahun 1985, adalah lagu kebangsaan militan yang menuntut
mengakhiri apartheid dan kebebasan untuk semua. “Apartheid adalah
Nazisme” juga menampilkan sejumlah menjuluki lebih lembut trek seperti
“Yesus datang kembali” – yang ditemukan Blondy menjajaki vena mistik
baru!
1986: “Yerusalem”
Blondy lanjutan mistik pendekatan baru pada album keempatnya
“Yerusalem”, yang dirilis pada tahun berikutnya. Direkam di studio
legendaris Tuff Gong di Jamaika dengan kelompok dukungan mantan Bob
Marley The Wailers, “Yerusalem” dipromosikan pesan baru Blondy tentang
kesatuan agama. Lagu-lagu di album baru Blondy’s meneliti ajaran Islam,
Yudaisme dan Kristen, menggambar inspirasi dari Taurat dan Quran serta
Alkitab. Bintang Pantai Gading juga mulai berkhotbah filosofi barunya
persatuan agama di panggung – dan ketika Blondy dilakukan di Maroko
pada Juli 86 ia memilih untuk menyanyikan lirik Ibrani dari lagu
“Jerusalem” kepada audiens Muslim. Beberapa kritikus menganggap ini
sebagai tindakan provokasi terbuka, tetapi Blondy melihat dirinya
sebagai seorang pria di sebuah misi pribadi untuk mengembalikan
keharmonisan beragama di dunia!
Pada musim semi 87 Blondy dan kelompoknya Tata Surya memulai tur
utama Perancis, menendang dari putaran sibuk konser di Le Zenith di
Paris (pada 6 Maret dan 7). Blondy dan Tata Surya kemudian menuju ke
Antilles Prancis untuk melakukan serangkaian konser di Martinique dan
Guadeloupe. Pantai Gading Reggae Raja kemudian akibat melakukan tur
Eropa yang luas – tetapi ini harus dibatalkan pada menit terakhir. NRJ,
stasiun radio independen Perancis yang bertugas mengatur tur Eropa
Blondy’s, menyalahkan pembatalan pada “perilaku tidak profesional” si
penyanyi. NRJ lakukan tampaknya telah dibenarkan dalam keluhan mereka –
perilaku Blondy selama periode ini terkenal tidak menentu untuk
sedikitnya. Memang, penyanyi yang sering akan membuat para penggemarnya
menunggu hingga dua jam sebelum terlambat naik ke panggung!
Blondy, yang telah menjadi bintang besar di Afrika Barat oleh tahap
karirnya, segera mulai bereksperimen dengan gaya musik baru. Gaya baru
ini banyak bukti di album baru bintang Pantai Gading itu “revolusi”,
yang dicatat di Paris pada tahun 1987. “Revolusi” ditemukan Blondy
mengeksplorasi suara yang lebih mellow, biola beradaptasi dan cello
untuk reggae biasa bertempat mengalahkan pada lagu “Sweet Fanta
Diallo”. Album ini juga termasuk duet balada lambat (“Miri”) yang Blondy
direkam dengan diva legendaris Aicha Pantai Gading Kone.
Tapi salah satu trek yang paling menonjol pada “revolusi” – paling
tidak dalam hal nilai kebaruan! – Adalah “Jah Houphouët Parle” (Jah
Houphouët Speaks). lagu ini persis apa judul dijelaskan – yaitu 10
menit 37 detik dari pidato oleh presiden Pantai Gading-an tercatat
lebih dari beat reggae samar-samar. Ini penghargaan untuk
Houphouët-Boigny mengambil praktis dua pertiga dari sisi pertama dari
album baru Blondy’s! Dan kritikus tidak ragu-ragu untuk menyerang
penyanyi untuk itu. Tapi Blondy tetap dingin dalam menghadapi kritik,
membela haknya untuk mengekspresikan pandangan politik sendiri.
1988 turun ke awal yang buruk bagi Blondy dengan yang lain
serangkaian konser di Paris (di Le Zenith) dibatalkan. Bintang reggae
segera bangkit kembali, bagaimanapun, terbang ke Amerika Serikat di mana
ia melakukan tur 2 bulan sukses. Tahun berikutnya Blondy menyerah basis
di Paris dan kembali ke Abidjan. Tak perlu dikatakan, Blondy kembali ke
tanah airnya menyebabkan benar-benar aduk di kancah musik Pantai
Gading. Apa lagi, reggae terkemuka Pantai Gading-orang kembali hadiah
rumah bantalan – dalam bentuk album barunya “Para nabi”. Blondy, yang
menganggap bahwa catatan perusahaannya Pathé Marconi adalah mengabaikan
pasar Afrika, telah memutuskan untuk mengambil masalah di tangan dan
menjamin promosi album barunya sendiri. Setelah menulis, merekam dan
memproduksi “Para nabi” semua sendiri, Blondy juga memutuskan untuk
bertanggung jawab atas manajemen sendiri mulai sekarang!
Pada akhir 89 Blondy berangkat tur lain utama dengan grupnya Tata
Surya, melakukan jumlah yang mengesankan tanggal di seluruh Afrika
Barat. Penyanyi kemudian mulai bekerja pada sebuah album baru berjudul
“SOS tribale Guerre” (SOS Tribal War). Namun album, direkam di studio
8-track sederhana di Abidjan, adalah tidak sukses secara komersial besar
di luar Pantai Gading.
1991: “Masada”
Namun, Blondy akan segera pergi penembakan kembali ke puncak tangga
lagu Eropa. reggae Afrika “enfant mengerikan” kembali ke Paris pada
Desember 91, melakukan tiga sangat populer menunjukkan di
Elysee-Montmartre yang bertepatan dengan peluncuran album baru berjudul
“Masada”. Ini album baru yang sangat baik menampilkan pengaturan oleh
Boncaïna Maïga. Dan Denis Bovell (terkenal karena karyanya dengan
pangkat penyair legendaris Kwesi Linton Johnson) bertanggung jawab
untuk campuran akhir. Tak pelak, Blondy baru tunggal “Rendez-vous”
segera terbukti hit besar dan itu datang tidak mengejutkan kepada
siapapun ketika penjualan album “Masada” juga meroket, produktif Blondy
disk emas pertamanya. Karir dari “rastafoulosophe” (“Rasta-filsuf”
sebagai Blondy suka untuk menggambarkan dirinya sendiri) sudah bangun
dan berjalan lagi dan tidak ada kesalahan! Riding gelombang
keberhasilannya baru-ditemukan, Blondy menggebrak tur Eropa yang luas,
finishing sampai dengan konser kemenangan di Le Zenith di Paris.
Namun jadwal tur melelahkan Blondy segera mulai mengambil korban pada
saraf rapuh si penyanyi. Setelah menyelesaikan tur Eropa, bintang
reggae berputar ke lain depresi besar. Dan pada awal 93 Blondy mengalami
kerusakan lain yang menyebabkan dia mencoba bunuh diri.
Untungnya, Blondy segera pulih dari kehancuran gugup nya. Memang,
bintang reggae Afrika kembali ke garis depan kancah musik di akhir
tahun itu dengan sebuah album baru berjudul “Dieu” (Tuhan). Seperti
judulnya, album baru Blondy terbukti lebih mistis daripada sebelumnya.
Bergabung di studio oleh sekelompok musisi kelas satu, Blondy
dipercepat rock reggae tradisional mengalahkan, meluncurkan ke berbagai
isu-isu kontroversial pada lagu seperti “Aborsi adalah Kejahatan”.
Penyanyi itu juga menyatakan perasaan pribadinya di jalur yang bergerak
“Sembuhkanlah Me”.
Sayangnya, tak seorang pun muncul untuk dapat melakukannya. masalah
mental Blondy terus untuk melampiaskan malapetaka di kehidupan
pribadinya, menyebabkan dia kembali ke rumah sakit jiwa untuk perawatan
lebih beberapa. Tetapi pada akhir 94 Blondy kembali di garis depan
dunia musik. Memang pada tanggal 10 Desember tahun itu penyanyi yang
dilakukan di Abidjan di sebuah festival musik yang diselenggarakan
untuk memperingati ulang tahun pertama kematian Presiden
Houphouët-Boigny’s. Beberapa hari kemudian Blondy terbang ke Paris,
membuat comeback mengesankan di Le Zenith (pada tanggal 29 Desember).
Pada tahun 1996 Blondy kembali dalam grafik sekali lagi dengan “Best
of” album kompilasi. Bintang reggae juga kembali ke studio akhir tahun
itu untuk mulai bekerja pada sebuah album baru berjudul “Grand
Bassam-Sion Rock” (Boncana Maïga bergabung dengannya untuk melihat
setelah aransemen musik). Dirilis pada Juni 96, album baru Blondy
mengungkapkan penyanyi untuk menjadi poliglot benar – “Grand
Bassam-Sion Rock” menampilkan lagu-lagu direkam dalam bahasa Arab,
Malinke, Perancis, Inggris, Wolof dan Ashanti! album baru Blondy’s –
perpaduan kaya reggae, rock dan funk – juga termasuk versi cover
inovatif dari Bob Marley “Natural Mystic”.
1998: “Rabin Ytzah”
Setelah lama meninggalkan catatannya perusahaan EMI, Blondy kembali
muncul di dunia musik Pantai Gading pada tahun 1998 dengan merilis
album kaset berjudul “Ytzah Rabin” (judul adalah pun simbolik pada nama
dibunuh Perdana Menteri Israel Itzhak Rabin) . lagu baru Blondy
terbukti lebih keras memukul dari sebelumnya, trek seperti “Armée
française” (Tentara Perancis) dan “Guerre civile” (Civil War) mengambil
sikap tegas anti kemapanan. penggemar Blondy mungkin menghargai lirik
radikal bintang reggae baru, namun politisi terkemuka Pantai Gading
jelas tidak. Blondy album CD baru dirilis pada bulan September pada Une
Musique (label milik stasiun televisi Prancis TF1). “New Dawn”, sebuah
lagu direkam dalam bahasa Inggris, dipilih sebagai rilis single pertama.
Pada tanggal 25 dan 26 Desember 1998, penyanyi menyelenggarakan
“Festa 98″ di Grand Bassam, dekat Abidjan. Festival, yang menarik
berubah besar-out (hampir 200.000 penggemar musik), berakhir dengan
konser oleh Alpha Blondy sendiri, tiba di atas panggung jam 6 pagi.
Blondy melakukan tur baru yang luas untuk mempromosikan “Yitzhak
Rabin” di Eropa. Meskipun memutar pergelangan kaki di panggung selama
konser pertamanya di Perancis, penyanyi menghormati tanggal yang
tersisa dalam tur, tidak ingin mengecewakan fans Perancis. Pada
tanggal 13 Maret 1999, Blondy membawa rumah turun di Le Zenith di Paris,
dengan kinerja yang mengejutkan yang berlangsung selama tiga jam.
Satu hal yang pasti – Alpha Blondy, Côte d’Ivoire’s Raja yang tak
perlu dari reggae, tetap menjadi sosok yang sangat ambigu di dunia
musik Afrika. Penyanyi itu tidak hanya dikritik karena lampiran yang
berlebihan kepada Presiden Houphouët akhir-Boigny, namun kehidupan
pribadinya juga telah membuktikan terkenal tidak menentu dan tidak
stabil (Blondy telah beberapa kali menikah dan memiliki empat anak
perempuan dan dua anak oleh ibu yang berbeda). Namun, jika Blondy
memiliki kritik, ia juga memiliki ribuan penggemar setia siap untuk
musim semi untuk pembelaannya. Dan tidak ada yang bisa menyangkal bahwa
bintang berwarna-warni secara signifikan telah meningkatkan profil
Afrika reggae!
Blondy kemudian melanjutkan untuk menebus masa lalu ambigu
politiknya, bagaimanapun, rekaman lagu serangkaian protes di mana ia
mengambil berbagai penyebab termasuk kebebasan pers Afrika. Pada akhir
November ’99 bintang reggae merilis sebuah single keras memukul
berjudul “Journalistes en bahaya” (lagu yang ditulis oleh “Reporters
Sans Frontières” Perancis asosiasi) dari mana ia menyumbangkan semua
keuntungan untuk wartawan Afrika yang telah dipenjara untuk pandangan
politik mereka.
Allah
Bahkan, single ini muncul di album baru Blondy’s, “Elohim” (kata
Ibrani yang berarti “Tuhan” atau “Saya orang banyak”). Album ini dirilis
di Afrika pada akhir ’99 dan tiba di toko musik Perancis pada bulan
Februari 2000. Beberapa trek yang lain pada “Elohim” ditulis dalam vena
marah sama, Blondy melampiaskan kemarahan di politik, korupsi
penyalahgunaan dan kemiskinan di tanah airnya (cf “Les voleurs de la
République”, “Dictature” dan “La antrian du Diable”) . Sebagai span
Pantai Gading ke dalam krisis politik pada awal 2000, Blondy mulai
memainkan peran yang semakin tinggi profil mengambil bagian dalam debat
publik tentang masa depan negara dan berbicara keluar pada beberapa
isu-isu kunci.
Hanya dua tahun kemudian Maret 2002 yang Blondy mengeluarkan album
berikutnya. Berjudul “Merci”, yang karya baru merayakan tahun kedua
puluh seniman di bisnis musik. Pada konferensi pers peluncuran album
diadakan di Abidjan, Pantai Gading, yang Reggaeman menyatakan: “Saya
ingin berterima kasih kepada Tuhan dan semua orang yang telah
memberikan kontribusi bahkan jauh untuk karir saya (…) Saya juga ingin
berterima kasih kepada musuh-musuhku Karena kritik mereka dan kepalsuan
mereka telah memungkinkan saya untuk memperbaiki. ” (AFP 12/03/02).
Seperti politik seperti biasa, album ini menampilkan dua lagu,
“Politruc” dan “Feu” yang memberikan kritik politik yang serius. Ini
juga termasuk sebuah pamflet terhadap ranjau anti-personil, co-sung
dengan Ophélie Winter dan berhak “Siapa kau?”. Band Rap Saïan Supa Crew
berkolaborasi untuk judul yang lain, “Wari”.
Alpha Blondy menggebrak tur Perancis baru pada bulan Mei 2002, muncul
di Olympia, di Paris, pada tanggal 15 Mei. Pada akhir Agustus,
reggaeman Pantai Gading terbang ke Amerika Serikat dan Amerika Latin
(di mana dia memiliki status sebagai salah satu tokoh besar dunia
reggae internasional). Merayakan dua puluh tahun karirnya, penyanyi
yang memulai pada tur-mega pada bulan November 2002, bermain di semua
tempat stadion utama di seluruh Afrika. Namun, gangguan politik kembali
ke rumah di Pantai Gading mengganggu organisasi tertentu dan tanggal
konser beberapa harus dibatalkan. (The Blondy konser itu untuk
dilaksanakan di ibukota Burkina Faso Ouagadougou dibatalkan menyusul
adanya pelarangan oleh Menteri Dalam Negeri).
Pada tanggal 23 Februari 2003, Alpha Blondy dinominasikan untuk
Grammy Award (untuk Best Reggae Album of the Year) dan diundang untuk
upacara penghargaan di New York. Tapi bintang Pantai Gading reggae
adalah pipped di pos oleh Lee Scratch Perry.
Belakangan tahun itu, reggae UB40 bintang Inggris Blondy diundang ke
studio dengan mereka untuk duet pada “Young Guns” (lagu yang termasuk
pada versi Perancis dari album “Homegrown”).
Kembali di Jalan
Kembali di Jalan
Pada akhir tahun 2003, Alpha Blondy terbang ke Brasil (sebuah negara
di mana ia tetap sangat populer). Penyanyi itu kembali ke Brasil pada
awal 2004 untuk dua tanggal ekstra dan juga tampil di Argentina. Setelah
itu ke Dakar (di mana ia tidak dilakukan selama bertahun-tahun) dan La
Réunion.
Pada musim panas tahun 2004, Alpha Blondy mengalami kecelakaan lain,
patahan fibula ketika ia terjatuh dari panggung pada akhir konser di
Perancis pada bulan Juli. Meskipun memiliki kakinya di plester,
penyanyi memanjat kembali di atas panggung pada kruk seminggu kemudian
di Belgia, kemudian ditekan pada konser di Brazil dan Argentina. Pada
akhir tahun itu, Blondy juga melakukan seri baru tanggal di Kanada,
Amerika Serikat, Inggris, Senegal dan Gambia.
Blondy dijalankan pada kecepatan yang sibuk sama tahun 2005, terbang
bolak-balik melintasi dunia untuk tanggal internasional. Setelah tur
mini dari Amerika Serikat, bintang reggae Pantai Gading pindah ke
Australia dan Selandia Baru. Setelah itu, ia melanjutkan perjalanannya
ke Portugal, Mauritius dan La Réunion.
Pada bulan Juni 2005, sebuah kompilasi Alpha Blondy, berjudul
“Akwaba”, tekan toko kaset. Album ini tidak benar-benar fitur apapun
lagu baru, tapi tidak mencakup versi baru dari beberapa hits yang
terbesar rerecorded dengan artis-artis tamu, seperti Neg’marrons, Magic
Sistem dan Mokobe (dari pakaian rap Perancis 113). Pada tanggal 2 Juli
2005, di tengah-tengah tur Eropa, Alpha Blondy muncul di “Live 8″
(versi Perancis konser Bob Geldof’s penggalangan dana) dipentaskan di
halaman Château de Versailles. Sepuluh tanggal diikuti di Amerika
Serikat, kali ini, sebagian besar di Pantai Barat dan di Hawaii. Pada
bulan Agustus, Blondy pindah ke Meksiko dan Puerto Rico. Pada tanggal 4
September 2005, Alpha Blondy dan tata surya dilakukan di Teluk tahunan
10 Monterey Reggaefest, di California.
Pada tanggal 21 September 2005, reggaeman Pantai Gading menjadi Messenger Perdamaian PBB di Pantai Gading.
Alpha Blondy terus melakukan konser di seluruh dunia sepanjang tahun
2006. Sementara itu, ia juga terus jadwal kampanye sibuk, pertemuan
para pemimpin politik di Pantai Gading serta kepala negara dari
negara-negara tetangga. Pada tahun 2007, setelah menghentikan off di
tiga tujuan yang berbeda di Hindia Barat Prancis, reggaeman Pantai
Gading terbang ke Haiti untuk memainkan dua konser di sana pada bulan
Maret (sebagai bagian dari festival de Quinzaine La Francophonie ‘).
Dia menggunakan kesempatan ini untuk membuat daya tarik publik terhadap
kekerasan.
2007: “Kemenangan Jah”
Pada bulan November 2007, Alpha Blondy memecah keheningan lima tahun
diperpanjang di bagian depan rekaman, merilis album baru berjudul
“Kemenangan Jah.” Bintang Pantai Gading telah bersumpah bahwa ia tidak
akan membuat album lain asalkan ada perang di tanah airnya. Dan, benar
firman-Nya, Alpha Blondy telah menunggu untuk perjanjian-perjanjian
perdamaian yang akan ditandatangani di Ouagadougou dan kembali ke
tenang relatif di Pantai Gading sebelum kembali ke studio.
Alpha Blondy diproduksi “Kemenangan Jah” dengan uluran tangan dari
Tyrone Downie (salah satu mantan Wailers Bob Marley) yang juga guested
sebagai keyboard player dan programmer musik. Album ini juga
menampilkan duo reggae legendaris Jamaika Sly & Robbie pada drum dan
bass. “Jah Kemenangan” berkisar sembilan belas lagu, dilakukan di
Perancis, Inggris dan Dioula dan nada itu radikal hardhitting, terutama
pada trek seperti “Mister Grande gueule”, “Les Salauds” dan “Penjualan
racistes.” Namun, di lain waktu “Jah Kemenangan” itu diresapi dengan
optimisme biasa Blondy dan mistisisme. Album ini juga menampilkan
beberapa kejutan musik termasuk cover inovatif dari klasik Pink Floyd
“Wish You Were Here” (lengkap dengan selingan bagpipe), sebuah bagian
akordeon tentang “Gban Gban” dan suara gitar rock dan bom meledak di
“Les Salauds. “
Alpha Blondy menggebrak nya “Jah Kemenangan” tur di Angola pada
bulan Oktober 2007 dan melanjutkan untuk memainkan serangkaian tanggal
internasional di Perancis (termasuk konser di Zenith Paris pada tanggal
16 November), Belanda, Jerman dan Italia.
Musim dingin tahun 2007 menampilkan tanggal penting dalam karir
Alpha Blondy, para reggaeman kembali ke tampil di Pantai Gading untuk
pertama kalinya dalam enam tahun. Pada tanggal 30 Desember, bintang
Pantai Gading turun ke panggung di Yerusalem Espace, di Grand-Bassam,
headlining di festival Festa – yang, tahun itu, telah secara khusus
berganti nama menjadi ‘festival Festarrr’ (3 Rs berdiri untuk
Rekonsiliasi, Reunifikasi dan Rekonstruksi).